Selasa, 22 November 2011

Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Kabupaten Dairi 2009

Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Kabupaten Dairi 2009 pada 31 Agustus 2009
Pada tanggal 31 Agustus 2009 bertempat di desa Pangaribuan Kecamatan Siempat Nempu Hulu dilakukan Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Kabupaten Dairi Tahun 2009 yang dimulai pada pukul 14.00 WIB. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Dairi Drs. J. Sigalingging sebagai ketua Tim Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong dalam laporannya mengatakan bahwa tema dari Pencanangan bulan bakti gotong royong ini adalah “ Dengan Semangat Gotong Royong Kita Tekadkan Kabupaten Dairi bisa Berdayakan Masyarakat Menuju kemandirian . “ Pencanangan bulan bakti gotong royong ini berlangsung sejak tanggal 31 Agustus 2009 sampai dengan 30 September 2009.Selanjutnya Kepala Badan Pemberdayaan Masyaraka dan Pemerintah Desa Kabupaten Dairi dalam laporannya menyatakan adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah :
1. Terlaksananya program peningkatan pemberdayaan masyarakat pedesaan dengan kegiatan penyelenggaraan diseminasi informasi bagi masyarakat desa melalui penyelenggaraan lembaga kegotongroyongan masyarakat Kabupaten Dairi tahun 2009.
2.Meningkatnya pemahaman dan pengetahuan masyarakat melalui kepala desa dan perangkatnya, lembaga kemasyarakatan desa, tim penggerak pkk desa tentang arti dan pentingnya pembangunan fisik desa serta sikap dan perilaku dalam masyarakat desa
3.Meningkatnya keswadayaan dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa yang merupakan paradigma baru bahwa pembangunan di desa adalah tanggungjawab seluruh elemen masyarakat .

4.Meningkatnya penyebarluasan informasi pembangunan desa yang bernuansa pemberdayaan masyarakat lembaga pemasyarakatan desa.
5.Meningkatnya rasa kebersamaaan dalam persatuan dan kesatuan bersama warga masyarakat
Sementara Ketua DPR Kabupaten Dairi Bapak Leonard S. Samosir, BA dalam sambutannya menyatakan bahwa dewasa ini semangat kegotongroyongan dalam masyarakat desa yang sudah semakin berkurang untuk itu diharapkan kepemimpinan dari kepala desa dapat menumbuhkembangkan semangat bergotong royong masyarakat desa, karena hal ini sangat mendukung dan mempercepat kegiatan pembangunan yang dilakukan di desa.
Bupati Dairi KRA Jhonny Sitohang adinegoro dalam sembutannya menyatakan bahwa pencanangan bulan bakti gotong royong dicanangkan oleh Presiden SBY pada hari ini, jadi ini adalah kegiatan yang berlangsung secara nasional di Indonesia. Kegiaatan gotong royong bukanlah hal yang baru bagi masyarakat namun sudah menjadi budaya dalam masyarakat. Bupati mengambil contoh dalam masyarakat tentang budaya “marsirumpa atau marsiurup-urupan” (bergotong royong). Jadi gotong royong adalah budaya dari nenek moyang kita. Dengan gotong royong seberat apapun pekerjaan dapt diselesaikan dan dengan gotong royong banyak kegiatan pembangunan yang dilakukan. Namun budaya bergotong royong kini sudah mengalami erosi atau hilang.Masyarakat melupakan budaya nenek moyangnya. Bapak Bupati mengajak dan menghimbau masyarakat untuk menumbuhkembangkan kembali dan mewujudnyatakan budaya gotong royong di masyarakat.Oleh karenanya diharapkan lewat pencanangan ini jangan hanya menjadi ceremonial tapi benar benar dilaksanakan. Sejalan dengan motto pembangunan di kabupaten Dairi bekerja untuk rakyat maka jajaran pemerintahan Kab Dairi diharapkan memberikan contoh kegiatan gotong royong agar masyarakat termotivasi dan bangkit kembali dengan budaya gotong royong bukan untuk sesaat saja tetapi terus menerus.
Pencananangan Bulan Bakti Gotong Royong ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Kabupaten Dairi KRA Jhonny Sitohang Adinegoro. Pada acara ini juga dilakukan penyerahan mesin babat kepada lima belas desa yang menjadi desa terbaik dimasing-masing kecamatan kepada para kepala desa. Selain itu juga dilakukan penanaman pohon mahoni oleh Bupati beserta Ketua TP PKK Kab Dairi, Bapak Wakil Bupati dan Wakil Ketua TP PKK Kab Dairi , Sekretaris Daerah,Ketua DPRD Kab Dairi,Muspida Plus Kabupaten Dairi, Kadis Kehutanan, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Dairi , dan Camat Siempat Nempu Hulu dilokasi kegiatan.
Puskesmas KM 11 juga memberikan pelayan kesehatan gratis dan pemberian makanan tambahan kepada para lansia dan balita dilokasi kegiatan pencanangan ini, sementara itu karang Taruna Desa Pangaribuan menyerahkan hasil-hasil pertanian yang merupakan hasil dari kebun karang taruna sendiri kepada Ketua TP PKK beserta rombongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar