Selasa, 22 November 2011

Pelatihan Aneka Makanan Ringan


Pelatihan Aneka Makanan Ringan
Pelatihan aneka makanan ringan diadakan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Dairi pada tanggal 25 Agustus sampai dengan 29 Agustus 2009 di Kantor Camat Siempat Nempu Hulu. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang ibu dari berbagai desa wilayah kecamatan Siempat Nempu Hulu.
Kepala Bidang Perindustrian Janester Tampubolon, SE dalam sambutannya pada pembukaan menyatakan agar para pesera pelatihan dapat memanfaatkan kegiatan ini semaksimal mungkin. Karena melalui kegiatan ini para peserta dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh untuk dapat menambah penghasilan rumah tangga.
Senada dengan Kabid Perindustrian, Sekretaris Camat mengatakan agar para peserta pelatihan nantinya memanfaatkan momen ini untuk menambah pengetahuan yang selanjutnya dapat diterapkan untuk menambah penghasilan rumah tangga dan pada akhirnya diharapkan tumbuh menjadi home industri. Sebagi instruktur pada kegiatan tersebut adalah pelaku indsutri makanan ringan dari Pasar Bengkel Kabupaten Serdang Bedagai.

Beberapa jenis makanan yang dihasilkan dalam pelatihan tersebut antara lain dodol aneka rasa yakni durian, nenas dan pandan, kerupuk ubi jalar, kerupuk ubi kayu, kerupuk kentang, kue bawang dan untir-untir. Para peserta nampak sangat antusias mengikuti pelatihan ini.
Pada saat penutupan dibagikan peralatan memasak kepada para peserta yang dibagi menjadi empat kelompok. Kabid Perindustrian menyatakan apabila para peserta pelatihan nantinya telah memproduksi aneka makanan ringan akan membantu pemasarannya dengan menampung langsung produksi aneka makangan ringan tersebut dan dibayarkan secara kas. Nurliana Sirait mewakili peserta mengucapkan terima kasih kepada panitia dan para instruktur atas pelatihan yang diberikan karena sudah menambah pengetahuan memasak makanan ringan dan berharap kepada kelompok yang dibentuk dapat menerapkan ilmu yang diperoleh sehingga akan terbentuk beberapa home industri makanan ringan diberbagai desa Kecamatan Siempat Nempu Hulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar